Tips Membersihkan Kompor Gas Portable

Rumahuni.com – Api kompor berwarna biru pertanda gas mengalir dengan lancar dan pencampuran dengan oksigen seimbang. Bersihkan secara berkala agar kompor gas siap digunakan kapan saja.

Tumpahan minyak atau bumbu membuat kotor kompor gas, apalagi jika tidak segera dibersihkan. Kotoran menumpuk dan area memasak tak menyehatkan.

Kotoran tersebut bisa juga menggangu fungsi kompor gas. Api kompor tak menyala maksimal, seperti deretan gigi yang ompong, karena sebagian lubang tak mengeluarkan api. Warna api pun merah yang membuat peralatan masak hitam berjelaga. Jadi segera bersihkan kompor dengan cara yang praktis, agar anda tak kerepotan dan enggan melakukannya.

Dari apa yang sudah disampaikan diatas, agar membuat api menjadi biru. Ada beberapa point yang perlu anda ketahui, sbb:

Ganti selang gas setelah usia pemakaian mencapai tiga tahun. Gunakan regulator yang memiliki pengaman, sehingga ketika terjadi kebocoran yang tak disengaja, saluran gas dapat tertutup otomatis. Gunakan lap dengan permukaan yang halus untuk membersihkan kompor, agar tak menggores material peralatan. Pastikan klem pengikat sambungan selang terikat kuat, dengan mengetesnya menggunakan air sabun di sela-sela sambungan. Prinsip ini seperti pengecekkan tambal ban mobil. Pastikan kondisi karet pada ujung katup tabung gas dalam keadaan baik dan elastis. Putar tuas yang ada dibagian bawah depan kompor untuk mengatur kondisi pencampuran gas dan oksigen, hingga api berwarna biru. Untuk mengerjakan langkah ini kompor gas harus dalam keadaan menyala.

Untuk langkah – langkah perngerjaannya, sbb:

Lepas regulator yang menghubungkan selang dan tabung gas demi keamanan. Lepas satu persatu seluruh elemen kompor, mulai dari tatakan (pan support). Penutup atas (top plate), kepala bakaran (burner head). dan tiang penyangga yang berada ditengah. Cuci satu persatu peralatan itu dengan cairan khusus. Khusus untuk burner head, bersihkan menggunakan sikat kawat halus. Untuk lubang jalus api, gunakan peniti atau tusuk gigi. Bilas satu persatu peralatan dengan air yang mengalir. Angin – anginkan seluruh peralatan hingga benar – benar kondisinya kering. Bersihkan seluruh bagian dalam dan luar badan kompor menggunakan kain lap. Pasang kembali satu persatu peratalan yang telah dicuci. Atur tuas pengatur pencampuran oksigen dan gas, sehigga api berwarna biru.

Jasa Arsitektur dan Free Konsultasi, Desain Eksterior dan Interior, Desain rumah klasik, Rumah Klasik modern, Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published.